Urutan Turunnya al-Quran, memang tidak seperti urutan mushaf yang ada. Karena urutan turunnya al-Quran sesuai dengan asbabul nuzul surat tersebut. Akan tetapi al-Quran yang sekarang bukan hasil kesepakatan para ulama, akan tetapi itu juga dari Allah. Dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwa sebelum Rasullulloh wafat, jibril sempat bermuraja'ah dengan Rasululloh. Hal ini bukti bahwa urutan turunnya al-Quran telah sesuai perintah Alloh SWT.
Urutan Turun al-Quran
Referensi dari sini
Urutan Turun al-Quran
No. Surat | Nama | Surat | Jumlah Ayat | Tempat Turun | |
---|---|---|---|---|---|
1 | 96 | Al-'Alaq | ![]() | 19 | Makkiyah |
2 | 68 | Al-Qalam | ![]() | 52 | Makkiyah |
3 | 73 | Al-Muzzammil | ![]() | 20 | Makkiyah |
4 | 74 | Al-Muddatstsir | ![]() | 56 | Makkiyah |
5 | 1 | Al-Faatihah | ![]() | 7 | Makkiyah |
6 | 111 | Al-lahab | ![]() | 5 | Makkiyah |
7 | 81 | At-Takwiir | ![]() | 29 | Makkiyah |
8 | 87 | Al-A'laa | ![]() | 19 | Makkiyah |
9 | 92 | Al-Lail | ![]() | 21 | Makkiyah |
10 | 89 | Al-Fajr | ![]() | 30 | Makkiyah |
11 | 93 | Adh-Duhaa | ![]() | 11 | Makkiyah |
12 | 94 | Al-insyirah | ![]() | 8 | Makkiyah |
13 | 103 | Al-'Ashr | ![]() | 3 | Makkiyah |
14 | 100 | Al-'Aadiyaat | ![]() | 11 | Makkiyah |
15 | 108 | Al-Kautsar | ![]() | 3 | Makkiyah |
16 | 102 | At-Takaatsur | ![]() | 8 | Makkiyah |
17 | 107 | Al-Maa'uun | ![]() | 7 | Makkiyah |
18 | 109 | Al-Kaafiruun | ![]() | 6 | Makkiyah |
19 | 105 | Al-Fiil | ![]() | 5 | Makkiyah |
20 | 113 | Al-Falaq | ![]() | 5 | Makkiyah |
21 | 114 | An-Naas | ![]() | 6 | Makkiyah |
22 | 112 | Al-Ikhlas | ![]() | 4 | Makkiyah |
23 | 53 | An-Najm | ![]() | 62 | Makkiyah |
24 | 80 | Abasa | ![]() | 42 | Makkiyah |
25 | 97 | Al-Qadr | ![]() | 5 | Makkiyah |
26 | 91 | Asy-Syams | ![]() | 15 | Makkiyah |
27 | 85 | Al-Buruuj | ![]() | 22 | Makkiyah |
28 | 95 | At-Tiin | ![]() | 8 | Makkiyah |
29 | 106 | Quraisy | ![]() | 4 | Makkiyah |
30 | 101 | Al-Qaari'ah | ![]() | 11 | Makkiyah |
31 | 75 | Al-Qiyaamah | ![]() | 40 | Makkiyah |
32 | 104 | Al-Humazah | ![]() | 9 | Makkiyah |
33 | 77 | Al-Mursalaat | ![]() | 50 | Makkiyah |
34 | 50 | Qaaf | ![]() | 45 | Makkiyah |
35 | 90 | Al-Balad | ![]() | 20 | Makkiyah |
36 | 86 | Ath-Thaariq | ![]() | 17 | Makkiyah |
37 | 54 | Al-Qamar | ![]() | 55 | Makkiyah |
38 | 38 | Shaad | ![]() | 88 | Makkiyah |
39 | 7 | Al-A'raaf | ![]() | 206 | Makkiyah |
40 | 72 | Al-Jin | ![]() | 28 | Makkiyah |
41 | 36 | Yaasiin | ![]() | 83 | Makkiyah |
42 | 25 | Al-Furqaan | ![]() | 77 | Makkiyah |
43 | 35 | Faathir | ![]() | 45 | Makkiyah |
44 | 19 | Maryam | ![]() | 98 | Makkiyah |
45 | 20 | Thaahaa | ![]() | 135 | Makkiyah |
46 | 56 | Al-Waaqi'ah | ![]() | 96 | Makkiyah |
47 | 26 | Asy-Syu'araa' | ![]() | 227 | Makkiyah |
48 | 27 | An-Naml | ![]() | 93 | Makkiyah |
49 | 28 | Al-Qashash | ![]() | 88 | Makkiyah |
50 | 17 | Al-Israa' | ![]() | 111 | Makkiyah |
51 | 10 | Yunus | ![]() | 109 | Makkiyah |
52 | 11 | Huud | ![]() | 123 | Makkiyah |
53 | 12 | Yusuf | ![]() | 111 | Makkiyah |
54 | 15 | Al-Hijr | ![]() | 99 | Makkiyah |
55 | 6 | Al-An'am | ![]() | 165 | Makkiyah |
56 | 37 | Ash-Shaaffat | ![]() | 182 | Makkiyah |
57 | 31 | Luqman | ![]() | 34 | Makkiyah |
58 | 34 | Saba ' | ![]() | 54 | Makkiyah |
59 | 39 | Az-Zumar | ![]() | 75 | Makkiyah |
60 | 40 | Al-Mu'min | ![]() | 85 | Makkiyah |
61 | 41 | Fushshilat | ![]() | 54 | Makkiyah |
62 | 42 | Asy-Syuura | ![]() | 53 | Makkiyah |
63 | 43 | Az-Zukhruf | ![]() | 89 | Makkiyah |
64 | 44 | Ad-Dukhaan | ![]() | 59 | Makkiyah |
65 | 45 | Al-Jatsiyaah | ![]() | 37 | Makkiyah |
66 | 46 | Al-Ahqaaf | ![]() | 35 | Makkiyah |
67 | 51 | Adz-Dzariyaat | ![]() | 60 | Makkiyah |
68 | 88 | Al-Ghaasyiyah | ![]() | 26 | Makkiyah |
69 | 18 | Al-Kahfi | ![]() | 110 | Makkiyah |
70 | 16 | An-Nahl | ![]() | 128 | Makkiyah |
71 | 71 | Nuh | ![]() | 28 | Makkiyah |
72 | 14 | Ibrahim | ![]() | 52 | Makkiyah |
73 | 21 | Al-Anbiyaa' | ![]() | 112 | Makkiyah |
74 | 23 | Al-Mu'minuun | ![]() | 118 | Makkiyah |
75 | 32 | As-Sajdah | ![]() | 30 | Makkiyah |
76 | 52 | At-Thuur | ![]() | 49 | Makkiyah |
77 | 67 | Al-Mulk | ![]() | 30 | Makkiyah |
78 | 69 | Al-Haaqqah | ![]() | 52 | Makkiyah |
79 | 70 | Al-Ma'aarij | ![]() | 44 | Makkiyah |
80 | 78 | An-Naba' | ![]() | 40 | Makkiyah |
81 | 79 | An-Nazi'at | ![]() | 46 | Makkiyah |
82 | 82 | Al-Infithaar | ![]() | 19 | Makkiyah |
83 | 84 | Al-Insyiqaaq | ![]() | 25 | Makkiyah |
84 | 30 | Ar-Ruum | ![]() | 60 | Makkiyah |
85 | 29 | Al-'Ankabuut | ![]() | 69 | Makkiyah |
86 | 83 | Al-Muthaffifiin | ![]() | 36 | Makkiyah |
87 | 2 | Al-Baqarah | ![]() | 286 | Madaniyah |
88 | 8 | Al-Anfaal | ![]() | 75 | Madaniyah |
89 | 3 | Ali 'Imran | ![]() | 200 | Madaniyah |
90 | 33 | Al-Ahzab | ![]() | 73 | Madaniyah |
91 | 60 | Al-Mumtahanah | ![]() | 13 | Madaniyah |
92 | 4 | An-Nisaa' | ![]() | 176 | Madaniyah |
93 | 99 | Al-Zalzalah | ![]() | 8 | Madaniyah |
94 | 57 | Al-Hadiid | ![]() | 29 | Madaniyah |
95 | 47 | Muhammad | ![]() | 38 | Madaniyah |
96 | 13 | Ar-Ra'd | ![]() | 43 | Madaniyah |
97 | 55 | Ar-Rahmaan | ![]() | 78 | Makkiyah |
98 | 76 | Al-Insaan | ![]() | 31 | Madaniyah |
99 | 65 | Ath-Thalaaq | ![]() | 12 | Madaniyah |
100 | 98 | Al-Bayyinah | ![]() | 8 | Madaniyah |
101 | 59 | Al-Hasyr | ![]() | 24 | Madaniyah |
102 | 24 | An-Nuur | ![]() | 64 | Madaniyah |
103 | 22 | Al-Hajj | ![]() | 78 | Madaniyah |
104 | 63 | Al-Munaafiquun | ![]() | 11 | Madaniyah |
105 | 58 | Al-Mujaadilah | ![]() | 22 | Madaniyah |
106 | 49 | Al-Hujuraat | ![]() | 18 | Madaniyah |
107 | 66 | At-Tahriim | ![]() | 12 | Madaniyah |
108 | 64 | At-Taghaabun | ![]() | 18 | Madaniyah |
109 | 61 | Ash-Shaff | ![]() | 14 | Madaniyah |
110 | 62 | Al-Jumu'ah | ![]() | 11 | Madaniyah |
111 | 48 | Al-Fath | ![]() | 29 | Madaniyah |
112 | 5 | Al-Maa-idah | ![]() | 120 | Madaniyah |
113 | 9 | At-Taubah | ![]() | 129 | Madaniyah |
114 | 110 | An-Nashr | ![]() | 3 | Madaniyah |
Nuzulul Qur’an yang
secara harfiah berarti turunnya Al Qur’an (kitab suci agama Islam)
adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan wahyu
Allah pertama kepada nabi dan rasul terakhir agama Islam yakni Nabi
Muhammad SAW.
Dalam pembahasan Nuzulul Qur’an menurut Berbagai Madzab kita telah
mengetahui bahwa Al-Qur’an diturunkan ke Baitul Izzah secara langsung.
Dari Baitul Izzah itulah, Al-Qur’an kemudian diturunkan secara
berangsur-angsur kepada Rasulullah SAW.
Wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad adalah surat Al Alaq
ayat 1-5 yang bila diterjemahkan menjadi :
Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan
Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah,
Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam
Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya
Saat wahyu ini diturunkan Nabi Muhammad SAW sedang berada di Gua Hira,
ketika tiba-tiba Malaikat Jibril datang menyampaikan wahyu tersebut.
Adapun mengenai waktu atau tanggal tepatnya kejadian tersebut, terdapat
perbedaan pendapat di antara para ulama.
Sebagian menyakini peristiwa tersebut terjadi pada bulan Rabiul Awal
pada tanggal 8 atau 18 (tanggal 18 berdasarkan riwayat Ibnu Umar),
sebagian lainnya pada bulan Rajab pada tanggal 17 atau 27 menurut
riwayat Abu Hurairah, dan lainnya adalah pada bulan Ramadhan pada
tanggal 17 (Al-Bara’ bin Azib), 21 (Syekh Al-Mubarakfuriy) dan 24
(Aisyah, Jabir dan Watsilah bin Asqo’)
Nuzulul Qur’an yang kemudian diperingati oleh sebagian kaum muslimin
mengacu kepada tanggal pertama kali Al-Qur’an diturunkan kepada
Rasulullah SAW di gua Hira. Jika sebagian besar umat Islam di Indonesia
meyakini 17 Ramadhan sebagai tanggal Nuzulul Qur’an, Syaikh
Syafiyurrahman Al-Mubarakfury menyimpulkan Nuzulul Qur’an jatuh pada
tanggal 21 Ramadhan.
Lepas dari berapa tanggal sebenarnya, Nuzulul Qur’an dalam arti turunnya
Al-Qur’an kepada Rasulullah SAW secara bertahap atau berangsur-angsur
itu memiliki beberapa hikmah sebagai berikut:
1. Meneguhkan hati Rasulullah dan para sahabat
Dakwah Rasulullah pada era makkiyah penuh dengan tribulasi berupa
celaan, cemoohan, siksaan, bahkan upaya pembunuhan. Wahyu yang turun
secara bertahap dari waktu ke waktu menguatkan hati Rasulullah dalam
menapaki jalan yang sulit dan terjal itu.
Ketika kekejaman Quraisy semakin menjadi, Al-Qur’an menyuruh mereka
bersabar seraya menceritakan kisah para nabi sebelumnya yang pada
akhirnya memperoleh kemenangan dakwah. Maka, seperti yang dijelaskan
Syaikh Syafiyurrahman Al-Mubarakfury dalam Rakhiqul Makhtum, Al-Qur’an
menjadi faktor peneguh mengapa kaum muslimin sangat kuat menghadapi
cobaan dan tribulasi dakwah dalam periode Makkiyah.
Di era madaniyah, hikmah ini juga terus berlangsung. Ketika hendak
menghadapi perang atau kesulitan, Al-Qur’an turun menguatkan Rasulullah
dan kaum muslimin generasi pertama.
2. Tantangan dan Mukjizat
Orang-orang musyrik yang berada dalam kesesatan tidak henti-hentinya
berupaya melemahkan kaum muslimin. Mereka sering mengajukan pertanyaan
yang aneh-aneh dengan maksud melemahkan kaum muslimin.
Pada saat itulah, kaum muslimin ditolong Allah dengan jawaban langsung
dari-Nya melalui wahyu yang turun. Selain itu, Al-Qur’an juga menantang
langsung orang-orang kafir untuk membuat sesuatu yang semisal dengan
Al-Qur’an.
Walaupun Al-Quran turun berangsur-angsur, tidak seluruhnya, toh mereka
tidak mampu menjawab tantangan itu. Ini sekaligus menjadi bukti mukjizat
Al-Qur’an yang tak tertandingi oleh siapapun.
3. Memudahkan Hafalan dan Pemahamannya
Dengan turunnya Al-Qur’an secara berangsur-angsur, maka para kaum
muslimin menjadi lebih mudah menghafalkan dan memahaminya. Terlebih,
ketika ayat itu turun dengan latar belakang peristiwa tertentu atau yang
diistilahkan dengan asbabun nuzul, maka semakin kuatlah pemahaman para
sahabat.
4. Relevan dengan Pentahapan Hukum dan Aplikasinya
Sayyid Quthb menyebut para sahabat dengan “Jailul Qur’anil farid”
(generasi qur’ani yang unik). Diantara hal yang membedakan mereka dari
generasi lainnya adalah sikap mereka terhadap Al-Qur’an. Begitu ayat
turun dan memerintahkan sesuatu, mereka langsung mengerjakannya.
Interaksi mereka dengan Al-Qur’an bagaikan para prajurit yang mendengar
intruksi komandannya, langsung dikerjakan segera. Diantara hal yang
memudahkan bersegeranya para sahabat dalam menjalankan perintah
Al-Qur’an adalah karena Al-Qur’an turun secara bertahap.
Perubahan terhadap kebiasaan atau budaya yang mengakar di masyarakat
Arab pun dilakukan melalui pentahapan hukum yang memungkinkan dilakukan
karena turunnya Al-Qur’an secara berangsur-angsur ini.
Misalnya khamr, Ia tidak langsung diharamkan secara mutlak, tetapi
melalui pentahapan. Pertama, Al-Qur’an menyebut mudharatnya lebih besar
dari manfaatnya (QS. 2 : 219). Kedua, Al-Qur’an melarang orang yang
mabuk karena khamr dari shalat (QS. 4 : 43). Dan yang ketiga baru
diharamkan secara tegas (QS. 5 : 90-91).
5. Menguatkan bahwa Al-Qur’an benar-benar dari Allah SWT
Ketika Al-Qur’an turun berangsur-angsur dalam kurun lebih dari 22 tahun,
kemudian menjadi rangkaian yang sangat cermat dan penuh makna, indah
dan fasih gaya bahasanya, terjalin antara satu ayat dengan ayat lainnya
bagaikan untaian mutiara, serta ketiadaan pertentangan di dalamnya,
semakin menguatkan bahwa Al-Qur’an benar-benar kalam ilahi, Dzat yang
Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji.
Demikianlah, sebagian hikmah Nuzulul Qur’an, diturunkannya Al-Qur’an
secara berangsur-angsur kepada Rasulullah SAW. Wallahu a’lam bish
shawab. [Muchlisin. Maraji: : مابحث في علوم القران karya Syaikh Manna
Al-Qaththan, رحيق المختوم karya Syaikh Shafiyurrahman Al-Mubarakfury,
dan معالم في الطريق karya Sayyid Quthb]
Read more at http://uniqpost.com/20910/sejarah-dan-hikmah-dari-nuzulul-quran/
Read more at http://uniqpost.com/20910/sejarah-dan-hikmah-dari-nuzulul-quran/
Nuzulul Qur’an yang
secara harfiah berarti turunnya Al Qur’an (kitab suci agama Islam)
adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan wahyu
Allah pertama kepada nabi dan rasul terakhir agama Islam yakni Nabi
Muhammad SAW.
Dalam pembahasan Nuzulul Qur’an menurut Berbagai Madzab kita telah
mengetahui bahwa Al-Qur’an diturunkan ke Baitul Izzah secara langsung.
Dari Baitul Izzah itulah, Al-Qur’an kemudian diturunkan secara
berangsur-angsur kepada Rasulullah SAW.
Wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad adalah surat Al Alaq
ayat 1-5 yang bila diterjemahkan menjadi :
Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan
Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah,
Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam
Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya
Saat wahyu ini diturunkan Nabi Muhammad SAW sedang berada di Gua Hira,
ketika tiba-tiba Malaikat Jibril datang menyampaikan wahyu tersebut.
Adapun mengenai waktu atau tanggal tepatnya kejadian tersebut, terdapat
perbedaan pendapat di antara para ulama.
Sebagian menyakini peristiwa tersebut terjadi pada bulan Rabiul Awal
pada tanggal 8 atau 18 (tanggal 18 berdasarkan riwayat Ibnu Umar),
sebagian lainnya pada bulan Rajab pada tanggal 17 atau 27 menurut
riwayat Abu Hurairah, dan lainnya adalah pada bulan Ramadhan pada
tanggal 17 (Al-Bara’ bin Azib), 21 (Syekh Al-Mubarakfuriy) dan 24
(Aisyah, Jabir dan Watsilah bin Asqo’)
Nuzulul Qur’an yang kemudian diperingati oleh sebagian kaum muslimin
mengacu kepada tanggal pertama kali Al-Qur’an diturunkan kepada
Rasulullah SAW di gua Hira. Jika sebagian besar umat Islam di Indonesia
meyakini 17 Ramadhan sebagai tanggal Nuzulul Qur’an, Syaikh
Syafiyurrahman Al-Mubarakfury menyimpulkan Nuzulul Qur’an jatuh pada
tanggal 21 Ramadhan.
Lepas dari berapa tanggal sebenarnya, Nuzulul Qur’an dalam arti turunnya
Al-Qur’an kepada Rasulullah SAW secara bertahap atau berangsur-angsur
itu memiliki beberapa hikmah sebagai berikut:
1. Meneguhkan hati Rasulullah dan para sahabat
Dakwah Rasulullah pada era makkiyah penuh dengan tribulasi berupa
celaan, cemoohan, siksaan, bahkan upaya pembunuhan. Wahyu yang turun
secara bertahap dari waktu ke waktu menguatkan hati Rasulullah dalam
menapaki jalan yang sulit dan terjal itu.
Ketika kekejaman Quraisy semakin menjadi, Al-Qur’an menyuruh mereka
bersabar seraya menceritakan kisah para nabi sebelumnya yang pada
akhirnya memperoleh kemenangan dakwah. Maka, seperti yang dijelaskan
Syaikh Syafiyurrahman Al-Mubarakfury dalam Rakhiqul Makhtum, Al-Qur’an
menjadi faktor peneguh mengapa kaum muslimin sangat kuat menghadapi
cobaan dan tribulasi dakwah dalam periode Makkiyah.
Di era madaniyah, hikmah ini juga terus berlangsung. Ketika hendak
menghadapi perang atau kesulitan, Al-Qur’an turun menguatkan Rasulullah
dan kaum muslimin generasi pertama.
2. Tantangan dan Mukjizat
Orang-orang musyrik yang berada dalam kesesatan tidak henti-hentinya
berupaya melemahkan kaum muslimin. Mereka sering mengajukan pertanyaan
yang aneh-aneh dengan maksud melemahkan kaum muslimin.
Pada saat itulah, kaum muslimin ditolong Allah dengan jawaban langsung
dari-Nya melalui wahyu yang turun. Selain itu, Al-Qur’an juga menantang
langsung orang-orang kafir untuk membuat sesuatu yang semisal dengan
Al-Qur’an.
Walaupun Al-Quran turun berangsur-angsur, tidak seluruhnya, toh mereka
tidak mampu menjawab tantangan itu. Ini sekaligus menjadi bukti mukjizat
Al-Qur’an yang tak tertandingi oleh siapapun.
3. Memudahkan Hafalan dan Pemahamannya
Dengan turunnya Al-Qur’an secara berangsur-angsur, maka para kaum
muslimin menjadi lebih mudah menghafalkan dan memahaminya. Terlebih,
ketika ayat itu turun dengan latar belakang peristiwa tertentu atau yang
diistilahkan dengan asbabun nuzul, maka semakin kuatlah pemahaman para
sahabat.
4. Relevan dengan Pentahapan Hukum dan Aplikasinya
Sayyid Quthb menyebut para sahabat dengan “Jailul Qur’anil farid”
(generasi qur’ani yang unik). Diantara hal yang membedakan mereka dari
generasi lainnya adalah sikap mereka terhadap Al-Qur’an. Begitu ayat
turun dan memerintahkan sesuatu, mereka langsung mengerjakannya.
Interaksi mereka dengan Al-Qur’an bagaikan para prajurit yang mendengar
intruksi komandannya, langsung dikerjakan segera. Diantara hal yang
memudahkan bersegeranya para sahabat dalam menjalankan perintah
Al-Qur’an adalah karena Al-Qur’an turun secara bertahap.
Perubahan terhadap kebiasaan atau budaya yang mengakar di masyarakat
Arab pun dilakukan melalui pentahapan hukum yang memungkinkan dilakukan
karena turunnya Al-Qur’an secara berangsur-angsur ini.
Misalnya khamr, Ia tidak langsung diharamkan secara mutlak, tetapi
melalui pentahapan. Pertama, Al-Qur’an menyebut mudharatnya lebih besar
dari manfaatnya (QS. 2 : 219). Kedua, Al-Qur’an melarang orang yang
mabuk karena khamr dari shalat (QS. 4 : 43). Dan yang ketiga baru
diharamkan secara tegas (QS. 5 : 90-91).
5. Menguatkan bahwa Al-Qur’an benar-benar dari Allah SWT
Ketika Al-Qur’an turun berangsur-angsur dalam kurun lebih dari 22 tahun,
kemudian menjadi rangkaian yang sangat cermat dan penuh makna, indah
dan fasih gaya bahasanya, terjalin antara satu ayat dengan ayat lainnya
bagaikan untaian mutiara, serta ketiadaan pertentangan di dalamnya,
semakin menguatkan bahwa Al-Qur’an benar-benar kalam ilahi, Dzat yang
Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji.
Demikianlah, sebagian hikmah Nuzulul Qur’an, diturunkannya Al-Qur’an
secara berangsur-angsur kepada Rasulullah SAW. Wallahu a’lam bish
shawab. [Muchlisin. Maraji: : مابحث في علوم القران karya Syaikh Manna
Al-Qaththan, رحيق المختوم karya Syaikh Shafiyurrahman Al-Mubarakfury,
dan معالم في الطريق karya Sayyid Quthb]
Read more at http://uniqpost.com/20910/sejarah-dan-hikmah-dari-nuzulul-quran/
Read more at http://uniqpost.com/20910/sejarah-dan-hikmah-dari-nuzulul-quran/
Nuzulul Qur’an yang
secara harfiah berarti turunnya Al Qur’an (kitab suci agama Islam)
adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan wahyu
Allah pertama kepada nabi dan rasul terakhir agama Islam yakni Nabi
Muhammad SAW.
Dalam pembahasan Nuzulul Qur’an menurut Berbagai Madzab kita telah
mengetahui bahwa Al-Qur’an diturunkan ke Baitul Izzah secara langsung.
Dari Baitul Izzah itulah, Al-Qur’an kemudian diturunkan secara
berangsur-angsur kepada Rasulullah SAW.
Wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad adalah surat Al Alaq
ayat 1-5 yang bila diterjemahkan menjadi :
Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan
Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah,
Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam
Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya
Saat wahyu ini diturunkan Nabi Muhammad SAW sedang berada di Gua Hira,
ketika tiba-tiba Malaikat Jibril datang menyampaikan wahyu tersebut.
Adapun mengenai waktu atau tanggal tepatnya kejadian tersebut, terdapat
perbedaan pendapat di antara para ulama.
Sebagian menyakini peristiwa tersebut terjadi pada bulan Rabiul Awal
pada tanggal 8 atau 18 (tanggal 18 berdasarkan riwayat Ibnu Umar),
sebagian lainnya pada bulan Rajab pada tanggal 17 atau 27 menurut
riwayat Abu Hurairah, dan lainnya adalah pada bulan Ramadhan pada
tanggal 17 (Al-Bara’ bin Azib), 21 (Syekh Al-Mubarakfuriy) dan 24
(Aisyah, Jabir dan Watsilah bin Asqo’)
Nuzulul Qur’an yang kemudian diperingati oleh sebagian kaum muslimin
mengacu kepada tanggal pertama kali Al-Qur’an diturunkan kepada
Rasulullah SAW di gua Hira. Jika sebagian besar umat Islam di Indonesia
meyakini 17 Ramadhan sebagai tanggal Nuzulul Qur’an, Syaikh
Syafiyurrahman Al-Mubarakfury menyimpulkan Nuzulul Qur’an jatuh pada
tanggal 21 Ramadhan.
Lepas dari berapa tanggal sebenarnya, Nuzulul Qur’an dalam arti turunnya
Al-Qur’an kepada Rasulullah SAW secara bertahap atau berangsur-angsur
itu memiliki beberapa hikmah sebagai berikut:
1. Meneguhkan hati Rasulullah dan para sahabat
Dakwah Rasulullah pada era makkiyah penuh dengan tribulasi berupa
celaan, cemoohan, siksaan, bahkan upaya pembunuhan. Wahyu yang turun
secara bertahap dari waktu ke waktu menguatkan hati Rasulullah dalam
menapaki jalan yang sulit dan terjal itu.
Ketika kekejaman Quraisy semakin menjadi, Al-Qur’an menyuruh mereka
bersabar seraya menceritakan kisah para nabi sebelumnya yang pada
akhirnya memperoleh kemenangan dakwah. Maka, seperti yang dijelaskan
Syaikh Syafiyurrahman Al-Mubarakfury dalam Rakhiqul Makhtum, Al-Qur’an
menjadi faktor peneguh mengapa kaum muslimin sangat kuat menghadapi
cobaan dan tribulasi dakwah dalam periode Makkiyah.
Di era madaniyah, hikmah ini juga terus berlangsung. Ketika hendak
menghadapi perang atau kesulitan, Al-Qur’an turun menguatkan Rasulullah
dan kaum muslimin generasi pertama.
2. Tantangan dan Mukjizat
Orang-orang musyrik yang berada dalam kesesatan tidak henti-hentinya
berupaya melemahkan kaum muslimin. Mereka sering mengajukan pertanyaan
yang aneh-aneh dengan maksud melemahkan kaum muslimin.
Pada saat itulah, kaum muslimin ditolong Allah dengan jawaban langsung
dari-Nya melalui wahyu yang turun. Selain itu, Al-Qur’an juga menantang
langsung orang-orang kafir untuk membuat sesuatu yang semisal dengan
Al-Qur’an.
Walaupun Al-Quran turun berangsur-angsur, tidak seluruhnya, toh mereka
tidak mampu menjawab tantangan itu. Ini sekaligus menjadi bukti mukjizat
Al-Qur’an yang tak tertandingi oleh siapapun.
3. Memudahkan Hafalan dan Pemahamannya
Dengan turunnya Al-Qur’an secara berangsur-angsur, maka para kaum
muslimin menjadi lebih mudah menghafalkan dan memahaminya. Terlebih,
ketika ayat itu turun dengan latar belakang peristiwa tertentu atau yang
diistilahkan dengan asbabun nuzul, maka semakin kuatlah pemahaman para
sahabat.
4. Relevan dengan Pentahapan Hukum dan Aplikasinya
Sayyid Quthb menyebut para sahabat dengan “Jailul Qur’anil farid”
(generasi qur’ani yang unik). Diantara hal yang membedakan mereka dari
generasi lainnya adalah sikap mereka terhadap Al-Qur’an. Begitu ayat
turun dan memerintahkan sesuatu, mereka langsung mengerjakannya.
Interaksi mereka dengan Al-Qur’an bagaikan para prajurit yang mendengar
intruksi komandannya, langsung dikerjakan segera. Diantara hal yang
memudahkan bersegeranya para sahabat dalam menjalankan perintah
Al-Qur’an adalah karena Al-Qur’an turun secara bertahap.
Perubahan terhadap kebiasaan atau budaya yang mengakar di masyarakat
Arab pun dilakukan melalui pentahapan hukum yang memungkinkan dilakukan
karena turunnya Al-Qur’an secara berangsur-angsur ini.
Misalnya khamr, Ia tidak langsung diharamkan secara mutlak, tetapi
melalui pentahapan. Pertama, Al-Qur’an menyebut mudharatnya lebih besar
dari manfaatnya (QS. 2 : 219). Kedua, Al-Qur’an melarang orang yang
mabuk karena khamr dari shalat (QS. 4 : 43). Dan yang ketiga baru
diharamkan secara tegas (QS. 5 : 90-91).
5. Menguatkan bahwa Al-Qur’an benar-benar dari Allah SWT
Ketika Al-Qur’an turun berangsur-angsur dalam kurun lebih dari 22 tahun,
kemudian menjadi rangkaian yang sangat cermat dan penuh makna, indah
dan fasih gaya bahasanya, terjalin antara satu ayat dengan ayat lainnya
bagaikan untaian mutiara, serta ketiadaan pertentangan di dalamnya,
semakin menguatkan bahwa Al-Qur’an benar-benar kalam ilahi, Dzat yang
Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji.
Demikianlah, sebagian hikmah Nuzulul Qur’an, diturunkannya Al-Qur’an
secara berangsur-angsur kepada Rasulullah SAW. Wallahu a’lam bish
shawab. [Muchlisin. Maraji: : مابحث في علوم القران karya Syaikh Manna
Al-Qaththan, رحيق المختوم karya Syaikh Shafiyurrahman Al-Mubarakfury,
dan معالم في الطريق karya Sayyid Quthb]
Read more at http://uniqpost.com/20910/sejarah-dan-hikmah-dari-nuzulul-quran/
Read more at http://uniqpost.com/20910/sejarah-dan-hikmah-dari-nuzulul-quran/
Komentar
Posting Komentar